7 Jenis Iklan Online Populer Beserta Penjelasanya

Jenis Jenis Iklan Online yang Ada di Internet

jenis iklan online

Iklan Online merupakan sebuah iklan yang berada pada jaringan internet dan biasanya tampil di situs web secara berbayar. Seperti halnya dengan Iklan lainya, iklan online juga bertujuan untuk promosi sebuah perusahaan, menjual jasa dan barang.

Iklan online telah berkembang sejak awal sebagai gambar statis yang muncul di berbagai situs web. Sekarang, ada berbagai jenis iklan yang dapat Anda gunakan - kami telah mencantumkan tujuh jenis teratas di sini (dan mencoba memberi Anda definisi singkat tentang itu).

1. Display Ads

iklan online

Iklan ini adalah iklan visual yang muncul pada situs web yang bekerja sama dengan pengiklan (biasanya terkait dengan konten atau layanan dalam berbagai macam cara menampilkan)

Bentuk dari iklan ini memiliki berbagai macam bentuk dasar, dan sekarang sudah berkembang menjadi berbagai macam sepeerti:

  • Gambar statis - Ikaln spanduk atau iklan persegi yang muncul di sekitar konten.
  • Teks - iklan teks yang dibuat oleh algoritme untuk membuat iklan teks yang relevan dengan konten di sekitarnya.
  • Spanduk mengambang - ini bergerak melintasi layar atau mengapung di atas konten situs web.
  • Wallpaper - ini muncul dan mengubah latar belakang situs web, mengisi seluruh halaman.
  • Iklan Popup - ini adalah jendela baru yang muncul di depan konten situs web; jendela yang baru dibuka menampilkan iklan penuh sehingga pengunjung dapat melihat.
  • Flash - ini adalah iklan seluler yang "memancarkan" konten yang berbeda pada pemirsa.
  • Video - ini adalah iklan video kecil yang diputar secara otomatis atau menunggu video diputar oleh pengunjung.
Iklan bergambar biasanya sangat terjangkau. Beberapa situs pihak ketiga, seperti Google Display Network, memungkinkan untuk penargetan demografis, geografis, kontekstual atau perilaku - yang semuanya membantu Anda menargetkan audiens yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda.

2. Social Media Advertising


Ini adalah tempat pemasaran yang tidak hanya efisien tetapi efektif. Sangat mirip dengan Iklan Bergambar, iklan Media Sosial dapat berupa apa pun mulai dari spanduk atau gambar sederhana hingga video putar otomatis.

Periklanan Social Media sangat bagus karena Anda dapat menargetkan audiens Anda dengan sempurna. Iklan online sosial media di bagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • organik, dan dibayar secara online. Menempatkan iklan berbayar, seperti pos yang dipromosikan, atau kisah yang disponsori dan juga fanspage yang di promosikan
  • populer, untuk menjangkau lebih banyak demografi perusahaan, tanpa membayar paket. Seperti yang dapat Anda lihat dari bagan di bawah ini, Facebook dan Twitter adalah platform media sosial paling populer bagi perusahaan untuk menjangkau pelanggan potensial baru, dan LinkedIn lebih populer untuk menjual B2B.

3. Search Engine Marketing (SEM)


Bentuk iklan berbayar online yang paling handal (dan juga yang paling umum). SEM bekerja berdasarkan kata kunci - Anda dan bisnis lain seperti tawaran Anda pada kata kunci melalui mesin pencari dalam upaya untuk membuat situs web Anda lebih tinggi pada Search Engine Results Page (SERP).

Semua iklan SEM yang muncul di Google, Bing, dan mesin pencari lainnya adalah iklan teks. iklan ini biasanya terletak di bagian atas atau samping hasil pencarian di mesin pencari.

Iklan PPC (pay per click) dan iklan CPM (Cost Per Thousand) merupakan dua iklan yang termasuk dalam iklan Search Engine Market.
Apa itu iklan PPC?
Apa itu iklan CPM? 
Anda juga dapat menggunakan SEM dalam bentuk yang belum dibayar dengan mengoptimalkan situs web Anda untuk kata kunci (juga dikenal sebagai SEO). Mesin pencari termasuk hasil yang tidak dibayar berdasarkan relevansi sehingga meningkatkan SEO situs Anda berarti Anda akan dapat memperoleh lebih banyak klik gratis jika Anda meningkatkan SEO situs Anda.

Platform terbaik untuk SEM adalah Google AdWords, yang memungkinkan Anda membuat kampanye yang sangat bertarget; untuk memanfaatkan sepenuhnya kampanye Google AdWords Anda. Platform bagus lain untuk SEM adalah Bing, yang memiliki lebih sedikit kompetisi daripada AdWords.
Situs Pengiklan Propeller

4. Native Advertising

Nativ advertising adalah iklan bersponsor di akhir posting blog, biasa  muncul di dekat umpan Facebook Anda dan juga Media Sosial lainnya.

Konten ini terintegrasi dan disamarkan ke platform tempat mereka muncul. Anda dapat mempromosikan dan memposting Iklan Asli Anda melalui jaringan seperti Adblade, Adsonar, Outbrain, dan Taboola.

5. Remarketing / Re-targeting

Cara terbaik untuk memasarkan kepada orang-orang yang sudah tahu tentang produk dan layanan Anda adalah dengan memasarkan ulang mereka. Atau retarget. Tergantung siapa yang Anda ajak bicara.

Ketika orang mengunjungi situs Anda, Anda menjatuhkan cookie pada mereka sehingga, ketika mereka berkeliling web, iklan Anda akan muncul berulang kali untuk mengingatkan mereka tentang produk atau layanan Anda.

Bentuk iklan ini tidak mahal dan, jika dilakukan dengan benar, bisa lebih efektif daripada PPC. Ini meningkatkan konversi karena mengingatkan orang-orang yang sudah tahu siapa Anda.

Anda dapat mencoba mempersiapkan ini sendiri di Facebook Remarketing, Google Remarketing, dan lainnya. Atau, Anda dapat menggunakan platform atau penyedia pihak ketiga untuk menyiapkan kampanye pemasaran ulang.

6. Email Marketing

Pemasaran Email adalah bentuk periklanan yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih efektif.

Ini adalah cara yang bagus untuk membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan; ketika Anda menggunakan manajer kampanye email Agar berhasil dalam pemasaran email, Anda harus terlebih dahulu membuat daftar alamat email. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kuis, atau Anda dapat menginstal Nawala Sederhana di situs Anda.

Kemudian, Anda dapat mengirim kampanye email yang berfokus pada promosi, diskon, fitur, atau konten yang Anda posting ke blog Anda. Sebagian besar email pendek, manis, dan langsung ke intinya. Pesan ringkas memudahkan Anda untuk menyampaikan niat Anda dan meningkatkan konversi.
Jangan lupa untuk memeriksa aturan spam wilayah / negara Anda.

7. Iklan Video

Iklan Video merupakan salah satu jenis iklan online paling efektif untuk semua jenis usaha, baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Dengan tayangan iklan yang lebih menarik dan dikarenakan orang saat ini lebih cenderung suka melihat dari pada membaca iklan online video ini sangatlah efektif.

Itulah berbagai macam jenis iklan online yang ada di internet, strategi pemasaran apa yang akan Anda pakai untung mengembangkan usaha Anda ?

BERIKAN KOMENTAR ()