Penjelasan Lengkap Apa itu Iklan CPM

iklan cpm

Para publisher atau penerbit iklan di dunia internet pasti tidak asing dengan istilah Iklan CPM, salah satu jenis pengiklanan yang membayar berdasarkan jumalah tayangan atau impressi.
Untuk lebih jelasnya kali ini saya akan membahas lengkap tentang iklan CPM dalam artikel ini.

Apa itu Iklan CPM ?

Iklan CPM (cost per million) atau di sebut juga dengan CPI (cost per impression) adalah istilah pemasaran iklan yang digunakan untuk menunjukkan harga per 1.000 tayangan iklan pada halaman web. Berbeda dengan iklan PPC yang di hitung berdasarkan klik, iklan CPM di hitung berdasarkan dengan jumlah tayangan iklan dalam satu waktu.

Jika Anda mempunyai sebuah blog dan di pasang iklan maka dalam 1.000 tayangan iklan tersebut Anda akan mendapatkan bayaran jika blog anda benar-benar di lihat oleh pengunjung dengan lalu lintas yang normal dan di hitung berdasarkan lalu lintas web. Iklan CPM biasanya berbentuk gambar, video, dan juga teks.

Cara Menghitung Pendapatan Per Seribu Tayangan Iklan

iklan cpm

Sesuai dengan namanya, para publisher akan mendapatkan bayaran dari iklan jika tayangan iklan mereka sudah mencapai minimum seribu tayangan. Pembayaran pada iklan CPM sangat bervariasi tergantung dari penyedia layanan iklan itu sendiri.
Kita beri contoh Misalkan Anda memiliki sebuah program jaringan periklanan yang menawarkan iklan dengan nilai $ 10 CPM untuk sebuah iklan banner atau sejenisnya dan Anda tampilkan di bagian situs / blog Anda. Kemudian Anda menginstalnya di blog Anda dan mendapatkan 10.000 impresi, maka Anda akan mendapatkan bayaran sebesar $ 10 x 10.000 / 1.000.

Rumusnya adalah : harga CPM x (total impresi / 1.000)

Untuk pemilik blog atau web yang memiliki traffic yang tinggi, ini bisa menjadi salah satu peluang untuk menambah penghasilan online kalian. 

BERIKAN KOMENTAR ()