Keuntungan dan Manfaat Menjadi Seorang Blogger

keuntungan menjadi seorang blogger

Keuntungan dan Manfaat Menjadi Seorang Blogger - Awal mula ketika saya tertarik dengan dunia blogging adalah ketika saya pertama mengenal dan menggunakan internet di kehidupan saya sehari-hari, saat itu ketika saya sedang asik browsing-browsing saya menemukan sebuah artikel yang membahas tentang seseorang yang berhasil sukses dan meraup banyak uang dengan menjadi seorang blogger.

Dari situlah saya mulai tertarik dan terus mencari berbagai macam artikel tentang dunia blogging sampai akhirnya saya memutuskan untuk terjun kedunia blogging dan membuat sebuah blog, Jika kalian yang sudah pernah membaca artikel saya yang sebelumnya tentang awal mula saya bisa ngeblog pasti sudah tahu latar belakang saya menjadi blogger.

Ketika itu yang saya tahu menjadi blogger adalah cara untuk mendapatkan uang dari internet, tapi setelah saya dalami terus menerus ternyata banyak sekali keuntungan dan juga manfaat yang bisa kita dapat dari menjadi seorang blogger.

Apa saja keuntungan dan manfaat menjadi seorang blogger selain bisa untuk menghasilkan uang?

Pertanyaan tersebut akan saya jawab dalam artikel saya kali ini, saya akan menjelaskan berbagai macam keuntungan dan manfaat menjadi blogger berdasarkan pengalaman saya selama ngeblog dan pengalaman teman-teman blogger lainya.

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Kita semua tahu menjadi seorang blogger identik dengan menulis, dan untuk membangun blog yang bagus salah satunya adalah menjaga kualitas konten kita dengan isi artikel yang kita tuliskan semenarik mungkin sehingga pembaca nantinya akan mudah pamah dan juga menyukai apa yang kita bahas.

Tanpa mengesampingkan tata bahasa yang sopan dan mudah di pahami, secara tidak langsung ketika kita membuat artikel artinya kita akan menulis sesuatu dan bagi saya itu dapat mengasah kemampuan menulis kita.

2. Banyak Pengetahuan

Seorang blogger wajib memiliki banyak pengetahuan, kenapa begitu ?.
Ketika kita memberikan sebuah informasi tentunya kita terlebih dahulu mengetahui dan paham akan informasi-informasi yang akan kita bagikan kepada orang lain.

Sebagai seorang blogger agar dapat memberi informasi yang baik tentunnya harus selalu mencari informasi dan mengumpulkan data dari berbagai macam sumber, dari situlah kita akan banyak pengetahuan baru dan informasi baru.

3. Rajin Membaca

Selain menulis kegiatan lain dari seorang blogger adalah mengumpulkan informasi dengan membaca artikel lain yang akan menjadi sumber pengetahuan, saya yang awalnya dulu malas membaca tapi karna tertarik menjadi seorang blogger akhirnya mau tidak mau harus banya-banyak membaca demi untuk mendalami ilmu blogging.

Dan ternyata ini memberi manfaat untuk saya, secara tidak langsung hampir setiap hari saya membaca  lebih dari sepuluh artikel baik milik saya sendiri atau milik orang lain.

4. Disiplin dan Konsisten

Seorang blogger yang baik pasti disiplin dan konsisten untuk membuat postingan-potingan yang berkualitas dan selalu update, hal ini di buktikan ketika kalian nanti menjadi seorang blogger.

Tuntutan pembaca terhadap kalian yang menunggu update terbaru di dalam blog kalian dan meningkatkan trafik di blog akan membuat anda disiplin waktu saat membuat konten dan konsistensi kalian dalam menyajikan konten yang berkualitas.

Hal ini akan melatih kalian lebih disiplin dan konsisten, jika kalian terbiasa ini dapat kalian terapkan di kehidupan kalian sehari-hari.

5. Selalu Up-To-Date

Ketimbang profesi lain, menjadi seorang blogger adalah salah satu orang yang paling up to date dalam hal informasi dan juga berita-berita yang terjadi hari ini, tak lepas dari keseharianya dengan internet akan membuat blogger cepat mendapat informasi terbaru.

6. Belajar Ilmu Marketing

Secara tidak sadar, dengan menjadi seorang blogger kita juga belajar dasar-dasar ilmu marketing. kok bisa? ketika kalian ingin membuat judul posting yang menarik minat pengunjung, meningkatkan trafik blog, mempromosikan blog, beajar SEO, hingga memanfaatkan social media, dan interaksi kepada pembaca.

Semua hal di atas itu menunjukkan kalau kita sedikit banyak tahu tentang dunia marketing. Dan tentunya kita memiliki daya jual lebih ketimbang orang yang bukan seorang blogger

7. Menambah Banyak Teman

Menjadi seorang blogger bisa nambah teman ? tentu bisa, ketika kita aktif di forum-forum atau juga komunitas sesama blogger kita akan berinteraksi dengan anggota di dalamnya, tidak jarang juga ada yang ingin mengajak berkenalan setelah bertukar informasi dan pengetahuan.

8. Memiliki Pengikut / Penggemar

Tidak hanya artis atau youtuber menjadi seorang blogger bisa juga mendapat penggemar dan pengikut, bukan tentang kepribadian kalian tetapi lebih ke penggemar dan pengikut blog yang kalian miliki. Banyak pembaca yang suka dengan konten kita akan mengikuti terus menerus perkembangan blog melalui email atau notifikasi browser mereka.

9. Tempat Menyalurkan Hobi dan Pengalaman

Seorang blogger tidak hanya menyajikan informasi, banyak juga pemilik blog-blog pribadi yang mengisi konten mereka dengan pengalaman, keseharian dan juga hobi-hobi yang mereka sukai. Ada juga yang menjadikan blogger sebagai tempat mencurahkan isi hati dan masalah-masalah di hidupnya.

10. Memberi Informasi Kepada Orang Lain

Keuntungan dan Manfaat menjadi seorang blogger tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga bermanfaat bagi orang lain.

Dari informasi yang kita berikan melalui blog akan membantu orang lain mendapat pengetahuan dan ilmu-ilmu lainya yang kita miliki.

Ini juga salah satu kepuasan tersendiri seorang blogger ketika mampu menyajiakan informasi yang bermanfaat bagi orang lain.

11. Menjadi Seseorang yang Dikenal

Ketika blog kalian sudah besar dan juga sudah banyak di kenal di kalangan blogger akan membuat kalian terkenal juga, sebagai pemilik blog yang sukses dan menginspirasi blogger lainya.

12. Mendapat Pekerjaan dan Menghasilkan Uang

Ini adalah keuntunngan utama menjadi seorang blogger, seperti saya yang awalnya tertarik karna dapat menghasilkan uang dan sekarang saya jadikan pekerjaan.

Menjadi seorang blogger sudah menjadi salah satu pekerjaan bagi banyak orang, perkejaan yang tanpa bos, tanpa terikat, bebas dalam hal waktu dan gaji yang bisa melebihi PNS.

Itu tadi beberapa keuntungan dan manfaat menjadi seorang blogger dan tentunya masih banyak sekali yang akan kita dapat ketika kita menjadi seorang blogger.

Di akhir artikel ini saya akan memberikan pesan bagi para pembaca, bahwa menjadi seorang blogger hanyalah salah satu pilihan untuk kalian. Masih banyak bidang lain yang dapat kalian tekuni hingga berhasil dan sukses.

Ketika ilmu yang kalian miliki dapat di salurkan dan bermanfaat untuk orang lain itulah kepuasan yang sebernarnya.

BERIKAN KOMENTAR ()