Cerita Sekaligus Memberi Motivasi Blogger Pemula

Cerita Blogger dari Felovena01


Selamat beraktifitas kembali teman-teman Blogger, semoga tetap sehat selalu dan di lancarkan dalam ngeblognya.

Kali ini saya ingin berbagi cerita motivasi untuk teman-teman blogger melalui kisah pengalaman saya selama ngeblog ini, mungkin agak membosakan dan panjang artikel saya kali ini, jadi saya tidak akan memaksa kalian untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Pertama saya ingin bercerita sedikit, kurang lebih dari pertama saya membuat akun dan membuat blog ini sekitar dua setengah tahun umurnya, awal mula saya membuat karna saya membaca sebuah artikel di internet dan dalam artikel tersebut menceritakan tentang seseorang yang sukses menghasilkan uang puluhan juta dengan menjadi seorang blogger.

Saya yang waktu itu baru lulus SMA dan masih bingung mau kemana dan melakukan apa, akhirnya tertarik dengan kisah orang itu dan mulai dari situlah saya mengenal yang namanya blogger.

Hampir setiap hari saya mencari tahu apa itu yang namanya blogger?
Bagaimana cara membuatnya?
Dan bagaimana caranya bisa mendapatkan uang dari blogger itu?

Tentu saja sumber informasi yang bisa saya gunakan untuk mengetahui semua itu hanyalah dari internet dan itu pun saya harus pergi ke warnet untuk mengaksesnya, pernah sekali saya bertanya teman saya tentang blogger ternyata dia juga tidak tahu apa itu blogger. Ya mungkin karna kami tinggal di sebuah desa jadi hal seperti itu sangatlah asing bagi kami, yang kami tahu hanyalah internet bisa buat liat foto, video dan waktu itu yang masih sangat populer di tempat kami adalah facebook.

Karna saking penasaranya saya waktu itu dengan yang namanya blogger hampir setiap hari saya pergi ke warnet untuk mencari informasi, lambat laun saya sedikit paham dan mulai mencoba membuat akun blogger.

Seperti halnya pemula yang minim ilmu dan informasi, saya membuatnya juga masih asal-asalan, templatenya masih original bawaan blogger, artikel juga ngasal dan gak jelas, kadang juga copas artikel lain. Dan akhirnya saya memutuskan untuk berhenti ngeblog karna menurut saya ini hal yang sulit, dan gak mungkin untuk saya lanjutkan.

Blog saya pun akhirnya nganggur kurang lebih selama satu tahun, selain bosan juga karna saya sudah punya kerjaan lain. Selama itu juga saya tidak pernah melihat atau membuka blog yang saya buat.

Sampai akhirnya saya pindah kerja yang masih berhubungan dengan komputer dan saya mulai lebih mendalami tentang komputer dan karna perkembangan teknologi yang semakin canggih, akses internet bisa di jangkau di mana-mana dan perkembangan smartphone yang pesat saya pun kepikiran dengan blog yang pernah saya buat dulu.

Saya pun kaget setelah melihat blog saya ternyata selama satu tahun lebih saya tinggal, visitor atau pengunjung blog saya masih tetap di angka "0", hahahaha...

Dalam pikiran saya apakah blog ini masih mungkin saya kembangkan atau saya hapus saja, setelah saya pikir-pikir akhirnya saya tidak menghapus blog saya, melainkan menghapus artikel-artikel yang pernah saya buat dulu. Dan saya kembali mempelajari lebih dalam lagi tentang dunia blogging mulai dari cara memilih template yang baik, membuat konten yang unik, cara biar blog ke index di google, merubah domain ke TLD, cara mengoptimalkan SEO di blog dan yang terakhir cara agar blog saya ini dapat menghasilkan uang.

Semua itu saya lakukan hanya menggunakan sebuah smartphone karna belum memiliki perangkat lain seperti laptop atau komputer, biarpun kerja saya menggunakan komputer sangat tidak mungkin saya gunakan untuk ngeblog. "Bisa di pecat jika ketahuan bos".

Dengan keterbatasan alat yang saya gunakan, saya mencoba memperbaiki blog saya sembari terus belajar saya dikit demi sedikit membuat blog ini lebih baik dari sebelumnya dan sampai sekarang pun saya masih terus belajar dan apakah blog saya ini sudah lebih baik tentu belum, masih banyak sekali kekurangannya.

Karna tujuan awal saya membuat dan belajar blogger adalah untuk mendapatkan uang, saya coba mendaftarkan blog saya ini ke Google AdSense, dan di tolak mentah-mentah oleh AdSense dan saya belum mengerti kenapa bisa di tolak, dari situ saya mulai kendor lagi rasa ingin ngeblognya dan kembali fokus pada pekerjaan saya.

Akan tetapi rasa penasaran saya terhadap blogger dan apakah orang-orang yang bisa menghasilkan dari situ benar atau tidak, saya masih terus mencari informasi tersebut, dan masih bertanya-tanya kenapa blog saya di tolak oleh google adsense.

Dan di sela-sela saya bekerja saya coba sembari mengisi konten di dalam blog saya, sampai akhirnya kurang lebih ada sekitar 30 an artikel di blog saya, dan saya coba kembali mendaftarkan ke adsense. Email dari Adsense saya di suruh menunggu kurang lebih tiga hari apakah blog saya di terima atau tidak.

Ternyata setelah saya menunggu blog saya tidak kunjung di terima, malah ada email yang memberi tahukan bahwa blog saya belum memenuhi syarat, "Hah saya pikir memang saya ini tidak cocok dalam bidang ini". Terlebih lagi teman-teman saya meremehkan bahkan membuli saya karna mempelajari hal yang tidak pasti.

Kalau di hitung-hitung sudah dua kali saya mendaftarkan blog ini ke adsense dan semuanya masih nihil, dan pas ketika saya bertemu teman lama saya semasa SD dulu ternyata dia juga pernah membuat sebuah blog namun berhenti juga di tengah jalan, dia menyarankan kepada saya kalau memang tertarik dengan dunia blogging jangan setengah-setengah cari terus informasi tentang blogger apa saja tips dan triknya, apa yang perlu di lakukan kan apa yang perlu di utamakan. Dia juga bilang bahsa menjadi seorang blogger itu susah susah gampang, susah jika hanya fokus ke penghasilan gampang jika di lakukan dengan serius dan konsisten.

Saran dan juga motifasi dari teman saya itu membuat tekat saya untuk menekuni dunia blogging menjadi semakin kuat dan tentunya saya juga pengen seperti blogger lain yang bisa menghasilkan uang banyak.

Saya kembali ke hal-hal dasar apa yang harus di lakukan untuk membangun sebuah blog yang baik dan benar, mulai saya perbaiki kembali artikel-artikel yang sudah saya posting, ya biarpun belum maksimal paling tidak sudah lebih baik dari sebelumnya.

Sampai pada akhirnya saya membuat rencana bahwa saya harus minimal membuat sebuah postingan dalam satu hari, dan jangan dulu mementingkan hasil, yang penting blog saya ini menjadi lebih baik dulu. Awalnya saya tertarik tentang hal-hal unik yang ada di sekitar saya, jadi saya putuskan untuk mengisi blog saya ini dengan konten-konten keunikan dan juga hal-hal menarik yang ada di sekitar, mangkanya saya memberi nama blog saya ini menjadi Blog Unik Indonesia.

Dari ikut berbagai macam komunitas dan juga forum-forum tentang dunia blogging di internet saya mendapat lebih banyak ilmu tentang blogger, saya banyak bertanya dengan para senior-senior yang sudah berpengalaman mengenai blogger.

Dari banyaknya saran dan juga tips yang di berikan para senior blogger ada dua hal yang paling penting dan pokok menurut saya, yaitu

  • Utamakan konten yang unik dan berkualtas
  • Belajar dan pahami yang namanya SEO
Kedua hal tersebut lantas menjadi fokus utama saya dalam mengembangkan blog yang saya miliki sekarang, namun yang sampai saat ini menjadi kendala saya adalah dua hal tersebut. Mungkin semua teman-teman blogger juga mengalami hal itu.

Sangat sulitnya memahami dan mengoptimalkan yang namanya SEO, karna banyak sekali faktor yang harus saya pelajari dan kuasai, sehingga saya menomer duakan hal tersebut, saya lebih fokus ke pembuatan konten yang berkualitas.

Dan sekarang ini dari sekian banyaknya konten yang saya buat ada beberapa yang bisa masuk ke halaman satu Google meskipun belum mendapat pengunjung yang banyak, saya sudah sangat bersyukur karna apa yang saya lakukan bisa sedikit memperbaiki blog ini.

Akhirnya saya coba untuk kembali mendaftarkan blog saya ini ke Google AdSense, dan akhirnya di terima juga setelah mendaftar yang ke tiga kalinya. Senang rasanya bisa di terima dan bisa menayangkan iklan di dalam blog saya.

Meski belum menghasilkan paling tidak blog saya sudah berada satu tingkal di atas blog-blog yang belum di terima AdSense, semangat untuk ngeblog saya jauh lebih tiggi setelah itu dan membuat saya lebih fokus lagi.

Kurang lebih hampir setengah tahun blog saya di terima AdSense akhirnya saya mendapat gaji pertama saya dari AdSense, meski nominalnya masih minimal pembayaran Adsense, Rasanya sudah seperti mendapat sebuah hadiah yang melebihi segalanya. Dan mungkin teman-teman juga merasakan hal tersebut khususnya untuk para publisher AdSense yang masih pemula, dari uang yang nominalnya ribuan bahkan perak sudah terasa sangat senang.

Karna rasa senang itu saya sampai bisa pamer kepada teman-teman saya yang dulu meremehkan saya karna tidak kunjung membuahkan hasil, saya ambil gambar bukti gajian saya dari Adsense dan saya posting ke sosial media saya.

Teman-teman saya pun banyak yang bertanya apa itu, dan uang apa itu, saya pun menjawab dengan nada sombong bahwa itu uang saya dari hasil ngeblog saya selama ini, ya biarpun belum seberapa ucap saya.

Akhirnya mereka juga penasaran dan ingin mencoba menjadi seorang blogger, dari yang awalnya meremehkan sekarang malah pengen, saya yang awalnya banyak bertanya pada senior-senior blogger sekarang malah jadi tempat bertanya teman-teman saya tentang blogger.

Karna itu juga blog saya yang awalnya terisi dengan konten keunikan sekarang malah banyak postingan saya tentang cara dan tips blogger. Saya bingung apakah saya harus mengganti nama blog saya, atau saya biarkan saja dengan nama blog saya sekaranga ini.

Teman-teman blogger yang membaca artikel ini dan punya saran untuk saya silahkan berkomentar ya, saran dari teman-teman sangat saya butuhkan .. hhehehe

 Itulah sedikit cerita saya dari awal saya ngeblog sampai sekarang ini, mungkin kurang menarik tapi saya harap teman-teman bisa mengambil makna dan motivasi dari cerita saya barusan. Saya juga masih pemula dan belum begitu menguasai tentang blogging, sama-sama belajar dan membantu akan menjadi hasil yang lebih dari sekedar materi di dunia blogger ini.

Salam dari saya dan saya ucapkan terima kasih. :)

BERIKAN KOMENTAR ()